Dasar Pemograman J2ME Java Mobile

     Dalam Rekayasa Perangkat lunak, kita diwajibkan belajar bahasa java mobile, yaah kita kan bisa belajar bahasa mobile, Kali ini kita membahas dasar dasar pemograman j2me.
Berikut ini konsep source code J2ME dasar :

import javax.microedition.midlet.*;->Digunakan untuk mengimport package Microedition.midlet
(klo tidak ada ini maka aplikasi yang anda buat tidak dapat
berjalan di mobile device)
import javax.microedition.lcdui.*;->Digunakan untuk mengimport package Microedition.lcdui(
package ini adalah tampilan dari aplikasi anda)

public class test1 extends MIDlet implements CommandListener->Digunakan untuk memanggil class MIDlet(pada extends MIDlet).Class MIDlet ini sudah ada dalam package microedition.midlet tadi. Fungsi dari CommandListener adalah action/kejadian untuk mengeksekusi sebuah perintah dari user (semacam tombol untuk menjalankan suatu perintah)
{
private Display display;->merupakan variabel dari class Display

public heloMIDLet(){
display = Display.getDisplay(this);->menginisialisasi variabel display
}

public void startApp()->method yang berfungsi untuk menampilkan tampilan awal aplikasi mobile anda
{
TextBox tb = new TextBox("Hello MIDLet","Hello J2ME...!!",256,0);->langkah ini berfungsi untuk mengatur format dari textbox seperti panjang textbox, jumlah max karakter yg ditulis,dll.
display.setCurrent(tb);->method setCurrent digunakan untuk menempatkan textbox
}

public void pauseApp()
{
}

public void destroyApp(boolean unconditional)
{
}

public void commandAction(Command c, Displayable d)->method ini berfungsi untuk mengimplementasikan class CommandListener yang telah di-implements sebelumnya. Berfungsi untuk menempatkan source code supaya tombol dapat menjalankan suatu perintah
{

}
}

Nah untuk mencobanya silahkan hilangkan tulisan2 yang berwarna merah. Lalu copy paste source code itu di aplikasi editplus atau notepad++ atau JCreator atau netbeans atau eclipse.

Pemograman Mobile Menampilkan Teks Pada Layar J2ME

        Dalam pemograman java untuk J2ME yaitu pemograman mobile kita harus mengenal perogram terlebih dahulu.

Konsep program J2ME adalah sebagai berikut. Dalam J2ME kita harus akan membuat main class turunan dari class MIDlet, main class turunan dari MIDlet tersebut yag nantinya akan dipanggil pertama kali saat applikasi kita berjalan di HP, dalam main class tersebut juga ada 3 method yang nantinya berfungsi sebagai trigger even dari HP kita. Seperti:

starApp(), method yang dipanggil apabila aplikasi kita pertama kali jalan.
pauseApp(), method yang dipanggil apabila pengguna hp mempause aplikasi kita.
destroyApp(), method yang dipanggil apabila pengguna hp menutup aplikasi kita.

Lihat coding program dibawah ini :

            Untuk pertama kali kita akan menampilkan “Hello J2ME World” pada layar HP. Ada dua jenis tampilan dalam MIDlet,Low Level menggunakan class Canvas High Level menggunakan Form Disini kita akan menggunakan form untuk mempermudah anda mengerti pembentukan tampilan di MIDlet.
Perhatikan kode di atas, frPertama adalah object Form yang akan kita tampilkan di layer, kita memberi judulForm tersebut dengan “Latihan Pertama”. Lalu method append adalah method untuk menambahkan Item pada Form, Item yang ingin saya tambahkan adalah String “Hello J2ME World”. Statement Display adalah statement untuk menampilkan object frPertama kedalam layer.

Pilih F11 untuk build project dan F6 untuk run project.

Pilih midlet yang ingin dijalankan dan tekan launch di emulator, selanjutnya emulator anda akan menampilkan Form yang anda buat, seperti di bawah.
Selesai dah program kita. selamat mencoba yaahh..

Program J2ME Menampilkan Teks pada Layar Mobile

        Dalam pemograman java untuk J2ME yaitu pemograman mobile kita harus mengenal perogram terlebih dahulu.

Konsep program J2ME adalah sebagai berikut. Dalam J2ME kita harus akan membuat main class turunan dari class MIDlet, main class turunan dari MIDlet tersebut yag nantinya akan dipanggil pertama kali saat applikasi kita berjalan di HP, dalam main class tersebut juga ada 3 method yang nantinya berfungsi sebagai trigger even dari HP kita. Seperti:

starApp(), method yang dipanggil apabila aplikasi kita pertama kali jalan.
pauseApp(), method yang dipanggil apabila pengguna hp mempause aplikasi kita.
destroyApp(), method yang dipanggil apabila pengguna hp menutup aplikasi kita.

Lihat coding program dibawah ini :

            Untuk pertama kali kita akan menampilkan “Hello J2ME World” pada layar HP. Ada dua jenis tampilan dalam MIDlet,Low Level menggunakan class Canvas High Level menggunakan Form Disini kita akan menggunakan form untuk mempermudah anda mengerti pembentukan tampilan di MIDlet.
Perhatikan kode di atas, frPertama adalah object Form yang akan kita tampilkan di layer, kita memberi judulForm tersebut dengan “Latihan Pertama”. Lalu method append adalah method untuk menambahkan Item pada Form, Item yang ingin saya tambahkan adalah String “Hello J2ME World”. Statement Display adalah statement untuk menampilkan object frPertama kedalam layer.

Pilih F11 untuk build project dan F6 untuk run project.

Pilih midlet yang ingin dijalankan dan tekan launch di emulator, selanjutnya emulator anda akan menampilkan Form yang anda buat, seperti di bawah.
Selesai dah program kita. selamat mencoba yaahh..

;;