DAFTAR MATERI KULIAH
KULIAH | MATERI KULIAH | |
Rekayasa Perangkat Lunak | Basis Data Struktur Data Grafika Komputer Teknik kompilasi Kewirausahaan Algoritma Pemograman Pemograman Java Aplication Pemograman Web Pemograman Visual Jaringan Komputer Arsitektur dan Organisasi Komputer Sistem Operasi Pemodelan dan Analisa | |
Biologi FMIPA USU | Biologi Tropika Ekologi Tumbuhan Ekosistem Danau Endokrin | |
Bahasa Indonesia | Jenis Jenis Majas | |
Komputer | ||
Matematika | ||
Hukum | ||
Label: Materi Kuliah
Program OpenGL Visual Studio 6 membuat garis
Mari kita membuat garis dengan OpenGL VS6 yang anda miliki,
Untuk Membuatnya coba anda Copas Koding program dibawah ini:
Program untuk Garis OpenGL
void COpenGL5ADoc::garis()
{
glColor3f(0,0,1);
glBegin(GL_LINES);
glVertex2i(100,100);
glVertex2i(120,120);
glVertex2i(150,150);
glVertex2i(200,200);
glEnd();
}
{
glColor3f(0,0,1);
glBegin(GL_LINES);
glVertex2i(100,100);
glVertex2i(120,120);
glVertex2i(150,150);
glVertex2i(200,200);
glEnd();
}
Setelah anda Copas program diatas coba anda jalankan Program tersebut, Maka akan menghasilkan gambar garis seperti dibawah
Selamat Mencoba semoga berhasil.
Terima kasih atas kunjungan anda
Label: OpenGL garis vs6
Program OpenGL VS c++6 untuk Garis persegi
Kami akan memberi Kode Script program untuk membuat Garis persegi ini untuk anda coba.
Tapi sebelumnya kita harus memiiki Visual Studio 6 dan sudah membuat OpenGL nya sendiri.kalau belum punya coba anda buat terlebih dahulu.
Setelah anda memiliki kedua syarat diatas, maka anda bisa membuat Garis seperti dibawah :
Setelah anda memiliki kedua syarat diatas, maka anda bisa membuat Garis seperti dibawah :
Masukkan Program dibawah ke dalam OpenGL anda dan coba anda jalnkan di VS 6 anda:
Kode Script Program Untuk Garis Kotak
void COpenGL5ADoc::SegiEmpat()
{
glColor3f(1,1,0);
glBegin(GL_QUAD_STRIP);
glVertex2i(200,100);
glVertex2i(200,280);
glVertex2i(300,300);
glVertex2i(300,380);
glVertex2i(400,100);
glVertex2i(400,280);
glEnd();
}
{
glColor3f(1,1,0);
glBegin(GL_QUAD_STRIP);
glVertex2i(200,100);
glVertex2i(200,280);
glVertex2i(300,300);
glVertex2i(300,380);
glVertex2i(400,100);
glVertex2i(400,280);
glEnd();
}
Selamat Mencoba Semoga Berhasil.
Sebelum Keluar Berikan Komentar 1 Kalimat saja sudah cukup.
Hehehhe....
Label: OpenGl gariskotak
Contoh Program VS6 C++6 untuk garis polygon
Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat garis polygon dengan Vs C++6 ini, Caranya tidak sulit kalau kita mengerti sedikit saja tentang program VS6,.
Polygon merupakan sebuah garis lurus yang mengarah kemana saja yang penting lurus. Di bawah ini ada contoh gambar garis Polygon.
Apakah anda bisa membuatnya sendiri ?.
kalau belum mari kita sama sama belajar membuatnya, yang pertama kita buka openGL terlebih dahulu kemudian kita masukkan script di bawah ,
Program untuk Membuat garis polygon
void COpenGL5ADoc::GarisPoligon()
{
glColor3f(0,1,0);
glLineWidth(5.0);
glEnable(GL_LINE_STIPPLE);
glLineStipple(1,0x7733);
glBegin(GL_LINE_STRIP);
glVertex2i(10,10);
glVertex2i(600,450);
glEnd();
glColor3f(1,1,0);
glLineWidth(5.0);
glEnable(GL_LINE_STIPPLE);
glLineStipple(2,0xFF00);
glBegin(GL_LINE_STRIP);
glVertex2i(130,0);
glVertex2i(600,430);
glEnd();
glColor3f(0,1,1);
glLineWidth(9.0);
glEnable(GL_LINE_STIPPLE);
glLineStipple(5,0xFF00);
glBegin(GL_LINE_STRIP);
glVertex2i(10,30);
glVertex2i(600,470);
glEnd();
glFlush();
}
Kalau sudah anda masukkan script di bawah, coba anda jalankan apakah sudah berhasil progam yang anda masukkan tadi.
Selamat mencoba semoga suksesssssss
Sebelum keluar beri komentar sekata saja.
Label: Garis polygon dengan OpenGL
Cara Membuat Bambar Zebra Cross Dengan OpenGL C++6
OpenGL merupakan salah satu Program yang kita buat sendiri melalui Visual Studio 6 untuk menampilkan gambar di layar, tanpa OpenGL maka kita tidak bisa untuk membuat gambar tersebut. Di indonesia sekarang banyak pemogram Tidak tahu pemograman dengan Visual Studio 6 dengan OpenGL nya untuk membuat gambar atau animasi 2D atau 3D karna menurut mereka bahasa ini sangat sulit.
kita menggunakan 3DMAX untuk membuat gambar 3Dimensi sudah jadi, Membuat animasi kita tinggal pakai Flash sudah bisa, Kenapa harus dengan yang sulit.?
Oke lah kalau begitu , mari kita bahas cara membuat gambar Zebra Cross.Gambarnya seperti dibawah.
Program untuk Membuat Zebra Cross
void COpenGLTeguhSuprionoDoc::Gambar_ZebraCross()
{
glColor3f(0,0,1);
glBegin(GL_QUADS);
glVertex2i(50,50);
glVertex2i(75,50);
glVertex2i(75,500);
glVertex2i(50,500);
glEnd();
glBegin(GL_QUADS);
glVertex2i(100,50);
glVertex2i(125,50);
glVertex2i(125,500);
glVertex2i(100,500);
glEnd();
glBegin(GL_QUADS);
glVertex2i(150,50);
glVertex2i(175,50);
glVertex2i(175,500);
glVertex2i(150,500);
glEnd();
glBegin(GL_QUADS);
glVertex2i(200,50);
glVertex2i(225,50);
glVertex2i(225,500);
glVertex2i(200,500);
glEnd();
glBegin(GL_QUADS);
glVertex2i(250,50);
glVertex2i(275,50);
glVertex2i(275,500);
glVertex2i(250,500);
glEnd();
glBegin(GL_QUADS);
glVertex2i(300,50);
glVertex2i(325,50);
glVertex2i(325,500);
glVertex2i(300,500);
glEnd();
glBegin(GL_QUADS);
glVertex2i(350,50);
glVertex2i(375,50);
glVertex2i(375,500);
glVertex2i(350,500);
glEnd();
glBegin(GL_QUADS);
glVertex2i(400,50);
glVertex2i(425,50);
glVertex2i(425,500);
glVertex2i(400,500);
glEnd();
glBegin(GL_QUADS);
glVertex2i(450,50);
glVertex2i(475,50);
glVertex2i(475,500);
glVertex2i(450,500);
glEnd();
glBegin(GL_QUADS);
glVertex2i(500,50);
glVertex2i(525,50);
glVertex2i(525,500);
glVertex2i(500,500);
glEnd();
}
Coba anda praktek kan di laptop anda, Dengan OpenGL ea jangan lupa.
Silahkan berikan komentar untuk Program diatas sebelum keluar.
Thanks atas kunungan anda
Label: Zebra cross dengan OpenGL
Cara Membuat Gambar Rumah dengan Visual Studio 6 C++6
Untu membuat Sebuah gambar rumah sederhana tidaklah sulit, sewaktu dulu saya diberi tugas untuk membuat gambar rumah menggunakan OpenGL Visual Studio 6 kn ada C++ nya, saya berpikir bahwa membuatnya itu sulit tapi saya tetap berusaha buat, dan akhirnya bisa membuatnya.
Bagi anda yang mau coba buat Gambar rumah dengan OpenGL, Silahkan coba program dibawah . sebelum membuat gambar rumah tersebut kita lihat dulu seperti apa sih bentuk rumah yang akan kita buat tersebut menggunakan OpenGL itu..? Gambarnya ada di bawah :
Bagi anda yang mau coba buat Gambar rumah dengan OpenGL, Silahkan coba program dibawah . sebelum membuat gambar rumah tersebut kita lihat dulu seperti apa sih bentuk rumah yang akan kita buat tersebut menggunakan OpenGL itu..? Gambarnya ada di bawah :
Nah Seperti itulah gambar yang akan kita buat, Sekarang kita hanya butuh program untuk membuat gambar itu, Ini programnya. Copy aja ea
Program Untuk Membuat Rumah
void COpenGLTeguhSuprionoDoc::GambarRumah()
{
glDisable(GL_POLYGON_STIPPLE);
glColor3f(0.5,0.3,0.3);
glRecti(150,50,500,500);
glEnd();
glColor3f(1,1,1);
glRecti(200,100,300,350);
glEnd();
glColor3f(1,1,1);
glRecti(350,150,450,350);
glEnd();
glColor3f(0,0,0);
glBegin(GL_TRIANGLE_STRIP);
glVertex2i(275,200);
glVertex2i(300,200);
glVertex2i(300,250);
glVertex2i(275,250);
glVertex2i(285,225);
glEnd();
glFlush();
glEnable(GL_POLYGON_STIPPLE);
GLubyte pola[]={0x31,0xfe,0x34,0x12,
0xff,0xfc,0x00,0x12,
0xaa,0xfe,0x00,0x12,
0xaa,0xfe,0x00,0x12,
0xfc,0xfe,0x00,0x12,
0xff,0xfe,0x00,0x12,
0x28,0xfc,0x00,0x12,
0x28,0xfc,0x34,0x12,
0x28,0xfc,0x00,0x12,
0x28,0xfc,0x00,0x12,
0xff,0xfc,0x34,0x12,
0xfc,0xfe,0x34,0x12,
0xff,0xfe,0x33,0x12,
0xfa,0xfe,0x34,0x12,
0xfa,0xfe,0x32,0x12,
0xfa,0xfe,0x34,0x12,
0xaa,0xfe,0x34,0x12,
0xff,0xfe,0x34,0x12,
0x23,0xfe,0x34,0x12,
0xff,0xfe,0x34,0x12,
0xff,0xfe,0x34,0x12,
0xff,0xfe,0x34,0x12,
0xff,0xfe,0x34,0x12,
0xff,0xfe,0x34,0x12,
0xff,0xfe,0x34,0x12,
0x23,0xfe,0x34,0x12,
0xff,0xff,0x34,0x12,
0xff,0xfe,0x34,0x12,
0x12,0xfe,0x34,0x12,
0xfb,0xfe,0x34,0x12,
0xff,0xfe,0x34,0x12,
0xff,0xfe,0x34,0x12,
};
glPolygonStipple(pola);
glColor3f(0.2,1,0.3);
glBegin(GL_TRIANGLES);
glVertex2i(50,500);
glVertex2i(600,500);
glVertex2i(325,650);
glEnd();
glFlush();
}
Sudah kan, JAngan Lupa beri Comment agar bisa saya perbaiki kesalahan.
Hehhehe
Label: Membuat Rumah Dengan OpenGL
Cara Membuat Gambar Bermotif Batik DEngan OpenGL C++6
Mari Kita mencoba membuat gambar bermotif batik dengan OpenGL C++6, sebelumnya anda harus memiliki OpenGL terlebih dahulu, Apakah anda sudah memilikinya ?.
Baiklah kalau sudah ini contoh gambar yang akan kita buat :
Cara untuk membuat Gambar bermotif batik tersebut mudah kok...
ne ada contoh Scrip nya, silahkan saja anda coba .
Program untuk gambar Motif Batik
void COpenGLTeguhSuprionoDoc::Gambar_BerMotif()
{
glColor3f(1,0,0);
glEnable(GL_POLYGON_STIPPLE);
GLubyte pola[] = {
0x00, 0x00, 0x00, 0x00, 0x00, 0x00, 0x00, 0x00,
0x03, 0x80, 0x01, 0xC0, 0x06, 0xC0, 0x03, 0x60,
0x04, 0x60, 0x06, 0x20, 0x04, 0x30, 0x0C, 0x20,
0x04, 0x18, 0x18, 0x20, 0x04, 0x0C, 0x30, 0x20,
0x04, 0x06, 0x60, 0x20, 0x44, 0x03, 0xC0, 0x22,
0x44, 0x01, 0x80, 0x22, 0x44, 0x01, 0x80, 0x22,
0x44, 0x01, 0x80, 0x22, 0x44, 0x01, 0x80, 0x22,
0x44, 0x01, 0x80, 0x22, 0x44, 0x01, 0x80, 0x22,
0x66, 0x01, 0x80, 0x66, 0x33, 0x01, 0x80, 0xCC,
0x19, 0x81, 0x81, 0x98, 0x0C, 0xC1, 0x83, 0x30,
0x07, 0xe1, 0x87, 0xe0, 0x03, 0x3f, 0xfc, 0xc0,
0x03, 0x31, 0x8c, 0xc0, 0x03, 0x33, 0xcc, 0xc0,
0x06, 0x64, 0x26, 0x60, 0x0c, 0xcc, 0x33, 0x30,
0x18, 0xcc, 0x33, 0x18, 0x10, 0xc4, 0x23, 0x08,
0x10, 0x63, 0xC6, 0x08, 0x10, 0x30, 0x0c, 0x08,
0x10, 0x18, 0x18, 0x08, 0x10, 0x00, 0x00, 0x08};
glEnable (GL_POLYGON_STIPPLE);
glPolygonStipple(pola);
glRecti(100,50,600,600);
}
Selamat Mencoba semoga sukses..
Silahkan berikan komentar sebelum keluar .
Label: OpenGL batik
;;
Subscribe to:
Postingan (Atom)