Materi Kuliah

MATERI KULIAH

                        DAFTAR  MATERI  KULIAH


 KULIAH
 MATERI KULIAH

Rekayasa Perangkat Lunak


Basis Data
Struktur Data
Grafika Komputer
Teknik kompilasi
Kewirausahaan
Algoritma Pemograman
Pemograman Java Aplication
Pemograman Web
Pemograman Visual
Jaringan Komputer
Arsitektur dan Organisasi Komputer
Sistem Operasi
Pemodelan dan Analisa

Biologi FMIPA USU

Biologi Tropika
Ekologi Tumbuhan
Ekosistem Danau
Endokrin
Bahasa Indonesia  Jenis Jenis Majas
Komputer
Matematika
Hukum

Program OpenGL Visual Studio 6 membuat garis

Program OpenGL Visual Studio 6 membuat garis

   Mari kita membuat garis dengan OpenGL VS6 yang anda miliki,
Untuk Membuatnya coba anda Copas Koding program dibawah ini:

Program untuk Garis OpenGL


void COpenGL5ADoc::garis()
{
glColor3f(0,0,1);
glBegin(GL_LINES);
    glVertex2i(100,100);
    glVertex2i(120,120);
        glVertex2i(150,150);
        glVertex2i(200,200);
glEnd();
}


Setelah anda Copas program diatas coba anda jalankan Program tersebut, Maka akan menghasilkan gambar garis seperti dibawah

 

Selamat Mencoba semoga berhasil.
Terima kasih atas kunjungan anda

Program OpenGL VS c++6 untuk Garis persegi

Program OpenGL VS c++6 untuk Garis persegi

     Kami akan memberi Kode Script program untuk membuat Garis persegi ini untuk anda coba.
Tapi sebelumnya kita harus memiiki Visual Studio 6 dan sudah membuat OpenGL nya sendiri.kalau belum punya coba anda buat terlebih dahulu.
Setelah anda memiliki kedua syarat diatas, maka anda bisa membuat Garis seperti dibawah :


     Masukkan Program dibawah ke dalam OpenGL anda dan coba anda jalnkan di VS 6 anda:


Kode Script Program Untuk Garis Kotak

void COpenGL5ADoc::SegiEmpat()
{
    glColor3f(1,1,0);
    glBegin(GL_QUAD_STRIP);
    glVertex2i(200,100);
    glVertex2i(200,280);
        glVertex2i(300,300);
    glVertex2i(300,380);
        glVertex2i(400,100);
        glVertex2i(400,280);

    glEnd();

}


Selamat Mencoba Semoga Berhasil.
Sebelum Keluar Berikan Komentar 1 Kalimat saja sudah cukup.
Hehehhe....

Contoh Program VS6 C++6 untuk garis polygon


    Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat garis polygon dengan Vs C++6 ini, Caranya tidak sulit kalau kita mengerti sedikit saja tentang program VS6,.
Polygon merupakan sebuah garis lurus yang mengarah kemana saja yang penting lurus. Di bawah ini ada contoh gambar garis Polygon.




Apakah anda bisa membuatnya sendiri ?.
kalau belum mari kita sama sama belajar membuatnya, yang pertama kita buka openGL terlebih dahulu kemudian kita masukkan script di bawah ,

Program untuk Membuat garis polygon




void COpenGL5ADoc::GarisPoligon()
{
glColor3f(0,1,0);
glLineWidth(5.0);
glEnable(GL_LINE_STIPPLE);
glLineStipple(1,0x7733);
glBegin(GL_LINE_STRIP);
glVertex2i(10,10);
glVertex2i(600,450);
glEnd();

glColor3f(1,1,0);
glLineWidth(5.0);
glEnable(GL_LINE_STIPPLE);
glLineStipple(2,0xFF00);
glBegin(GL_LINE_STRIP);
glVertex2i(130,0);
glVertex2i(600,430);
glEnd();

glColor3f(0,1,1);
glLineWidth(9.0);
glEnable(GL_LINE_STIPPLE);
glLineStipple(5,0xFF00);
glBegin(GL_LINE_STRIP);
glVertex2i(10,30);
glVertex2i(600,470);
glEnd();
glFlush();
}



Kalau sudah anda masukkan script di bawah, coba anda jalankan apakah sudah berhasil progam yang anda masukkan tadi.
Selamat mencoba semoga suksesssssss
Sebelum keluar beri komentar sekata saja.

Cara Membuat Bambar Zebra Cross Dengan OpenGL C++6

      OpenGL merupakan salah satu Program yang kita buat sendiri melalui Visual Studio 6 untuk menampilkan gambar di layar, tanpa OpenGL maka kita tidak bisa untuk membuat gambar tersebut. Di indonesia sekarang banyak pemogram Tidak tahu pemograman dengan Visual Studio 6 dengan OpenGL nya untuk membuat gambar atau animasi 2D atau 3D karna menurut mereka bahasa ini sangat sulit.
kita menggunakan 3DMAX untuk membuat gambar 3Dimensi sudah jadi, Membuat animasi kita tinggal pakai Flash sudah bisa, Kenapa harus dengan yang sulit.?
 Oke lah kalau begitu , mari kita bahas cara membuat gambar Zebra Cross.Gambarnya seperti dibawah.



Program untuk Membuat Zebra Cross

void COpenGLTeguhSuprionoDoc::Gambar_ZebraCross()
{
glColor3f(0,0,1);
glBegin(GL_QUADS);
                glVertex2i(50,50);
                glVertex2i(75,50);
                glVertex2i(75,500);
                glVertex2i(50,500);
glEnd();
glBegin(GL_QUADS);
                glVertex2i(100,50);
                glVertex2i(125,50);
                glVertex2i(125,500);
                glVertex2i(100,500);      
glEnd();
glBegin(GL_QUADS);
                glVertex2i(150,50);
                glVertex2i(175,50);
                glVertex2i(175,500);
                glVertex2i(150,500);
glEnd();
glBegin(GL_QUADS);
                glVertex2i(200,50);
                glVertex2i(225,50);
                glVertex2i(225,500);
                glVertex2i(200,500);      
glEnd();
glBegin(GL_QUADS);
                glVertex2i(250,50);
                glVertex2i(275,50);
                glVertex2i(275,500);
                glVertex2i(250,500);      
glEnd();
glBegin(GL_QUADS);
                glVertex2i(300,50);
                glVertex2i(325,50);
                glVertex2i(325,500);
                glVertex2i(300,500);      
glEnd();
glBegin(GL_QUADS);
                glVertex2i(350,50);
                glVertex2i(375,50);
                glVertex2i(375,500);
                glVertex2i(350,500);
glEnd();
glBegin(GL_QUADS);
                glVertex2i(400,50);
                glVertex2i(425,50);
                glVertex2i(425,500);
                glVertex2i(400,500);      
glEnd();
glBegin(GL_QUADS);
                glVertex2i(450,50);
                glVertex2i(475,50);
                glVertex2i(475,500);
                glVertex2i(450,500);      
glEnd();
glBegin(GL_QUADS);
                glVertex2i(500,50);
                glVertex2i(525,50);
                glVertex2i(525,500);
                glVertex2i(500,500);      
glEnd();

}


Coba anda praktek kan di laptop anda, Dengan OpenGL ea jangan lupa.
Silahkan berikan komentar untuk Program diatas sebelum keluar.
Thanks atas kunungan anda

Cara Membuat Gambar Rumah dengan Visual Studio 6 C++6

          Untu membuat Sebuah gambar rumah sederhana tidaklah sulit, sewaktu dulu saya diberi tugas untuk membuat gambar rumah menggunakan OpenGL Visual Studio 6  kn ada C++ nya, saya berpikir bahwa membuatnya itu sulit tapi saya tetap berusaha buat, dan akhirnya bisa membuatnya.

        Bagi anda yang mau coba buat Gambar rumah dengan OpenGL, Silahkan coba program dibawah . sebelum membuat gambar rumah tersebut kita lihat dulu seperti apa sih bentuk rumah yang akan kita buat tersebut menggunakan OpenGL itu..? Gambarnya ada di bawah :


Nah Seperti itulah gambar yang akan kita buat, Sekarang kita hanya butuh program untuk membuat gambar itu, Ini programnya. Copy aja ea

Program Untuk Membuat Rumah

void COpenGLTeguhSuprionoDoc::GambarRumah()
{
                glDisable(GL_POLYGON_STIPPLE);
                glColor3f(0.5,0.3,0.3);
                glRecti(150,50,500,500);
                glEnd();
                glColor3f(1,1,1);
                glRecti(200,100,300,350);
                glEnd();
                glColor3f(1,1,1);
                glRecti(350,150,450,350);
                glEnd();
                glColor3f(0,0,0);
                glBegin(GL_TRIANGLE_STRIP);
                glVertex2i(275,200);
                glVertex2i(300,200);
                glVertex2i(300,250);
                glVertex2i(275,250);
                glVertex2i(285,225);
                glEnd();
                glFlush();            
               
                glEnable(GL_POLYGON_STIPPLE);
       GLubyte pola[]={0x31,0xfe,0x34,0x12,
             0xff,0xfc,0x00,0x12,
             0xaa,0xfe,0x00,0x12,
             0xaa,0xfe,0x00,0x12,
             0xfc,0xfe,0x00,0x12,
             0xff,0xfe,0x00,0x12,
             0x28,0xfc,0x00,0x12,
             0x28,0xfc,0x34,0x12,
             0x28,0xfc,0x00,0x12,
             0x28,0xfc,0x00,0x12,
             0xff,0xfc,0x34,0x12,
             0xfc,0xfe,0x34,0x12,
             0xff,0xfe,0x33,0x12,
             0xfa,0xfe,0x34,0x12,
             0xfa,0xfe,0x32,0x12,

0xfa,0xfe,0x34,0x12,
             0xaa,0xfe,0x34,0x12,
             0xff,0xfe,0x34,0x12,
             0x23,0xfe,0x34,0x12,
             0xff,0xfe,0x34,0x12,
             0xff,0xfe,0x34,0x12,
             0xff,0xfe,0x34,0x12,
             0xff,0xfe,0x34,0x12,
             0xff,0xfe,0x34,0x12,
             0xff,0xfe,0x34,0x12,
             0x23,0xfe,0x34,0x12,
             0xff,0xff,0x34,0x12,
             0xff,0xfe,0x34,0x12,
             0x12,0xfe,0x34,0x12,
             0xfb,0xfe,0x34,0x12,
             0xff,0xfe,0x34,0x12,
             0xff,0xfe,0x34,0x12,
             };
             glPolygonStipple(pola);
                                                 glColor3f(0.2,1,0.3);
                glBegin(GL_TRIANGLES);
                glVertex2i(50,500);
                glVertex2i(600,500);
                glVertex2i(325,650);
                glEnd();
                glFlush();

}

Sudah kan, JAngan Lupa beri Comment agar bisa saya perbaiki kesalahan.
Hehhehe

Program OpenGL C++6 untuk membuat batik

Cara Membuat Gambar Bermotif Batik DEngan OpenGL C++6

Mari Kita mencoba membuat gambar bermotif batik dengan OpenGL C++6, sebelumnya anda harus memiliki OpenGL terlebih dahulu, Apakah anda sudah memilikinya ?.
Baiklah kalau sudah ini contoh gambar yang akan kita buat :


 Cara untuk membuat  Gambar bermotif batik tersebut mudah kok...
ne ada contoh Scrip nya, silahkan saja anda coba .

Program untuk gambar Motif Batik

void COpenGLTeguhSuprionoDoc::Gambar_BerMotif()
{
  glColor3f(1,0,0);
            glEnable(GL_POLYGON_STIPPLE);
    GLubyte pola[] = {
      0x00, 0x00, 0x00, 0x00, 0x00, 0x00, 0x00, 0x00,
      0x03, 0x80, 0x01, 0xC0, 0x06, 0xC0, 0x03, 0x60,
      0x04, 0x60, 0x06, 0x20, 0x04, 0x30, 0x0C, 0x20,
      0x04, 0x18, 0x18, 0x20, 0x04, 0x0C, 0x30, 0x20,
      0x04, 0x06, 0x60, 0x20, 0x44, 0x03, 0xC0, 0x22,
      0x44, 0x01, 0x80, 0x22, 0x44, 0x01, 0x80, 0x22,
      0x44, 0x01, 0x80, 0x22, 0x44, 0x01, 0x80, 0x22,
      0x44, 0x01, 0x80, 0x22, 0x44, 0x01, 0x80, 0x22,
      0x66, 0x01, 0x80, 0x66, 0x33, 0x01, 0x80, 0xCC,
      0x19, 0x81, 0x81, 0x98, 0x0C, 0xC1, 0x83, 0x30,
      0x07, 0xe1, 0x87, 0xe0, 0x03, 0x3f, 0xfc, 0xc0,
      0x03, 0x31, 0x8c, 0xc0, 0x03, 0x33, 0xcc, 0xc0,
      0x06, 0x64, 0x26, 0x60, 0x0c, 0xcc, 0x33, 0x30,
      0x18, 0xcc, 0x33, 0x18, 0x10, 0xc4, 0x23, 0x08,
      0x10, 0x63, 0xC6, 0x08, 0x10, 0x30, 0x0c, 0x08,
      0x10, 0x18, 0x18, 0x08, 0x10, 0x00, 0x00, 0x08};
   glEnable (GL_POLYGON_STIPPLE);
                glPolygonStipple(pola);

            glRecti(100,50,600,600);

}

Selamat Mencoba semoga sukses..
Silahkan berikan komentar  sebelum keluar .

;;