Pengertian Glut C++6

PENGERTIAN GLUT

             GLUT singkatan untuk OpenGL Utilitas Toolkit. Mark J. Kilgard, untuk memungkinkan pembangunan aplikasi OpenGL yang benar-benar jendela sistem independen, dikandung perpustakaan GLUT. Berkat GLUT, kita dapat menulis aplikasi tanpa harus belajar tentang X windows atau sistem jendela Microsoft sendiri. Kilgard diimplementasikan versi untuk X windows, dan kemudian Nate Robins porting ke Microsoft Windows. Berkat keduanya, Anda melakukan pekerjaan besar.
Dalam tutorial ini saya akan memperkenalkan Anda kepada dasar-dasar membangun aplikasi yang menggunakan GLUT. Tutorial ini tidak akan memperkenalkan efek visual mewah dalam rangka untuk menjaga kode sesederhana mungkin.
Apa yang Anda butuhkan ?
             Dalam rangka untuk menulis aplikasi dengan GLUT Anda harus memiliki versi terbaru (pada saat menulis ini, saya percaya itu adalah 3,7). Distribusi GLUT dilengkapi dengan banyak dan banyak contoh sehingga setelah Anda membaca dasar-dasar di sini Anda akan memiliki banyak bahan untuk melanjutkan.
Dalam rangka untuk menulis aplikasi C menggunakan GLUT Anda akan membutuhkan tiga file:
# Glut.h - Ini adalah file Anda harus disertakan dalam kode sumber Anda. Tempat umum untuk menempatkan file ini dalam folder gl yang harus di dalam folder termasuk dari sistem anda.# Glut.lib (SGI versi untuk Windows) dan glut32.lib (versi Microsoft) - File ini harus dikaitkan dengan aplikasi Anda jadi pastikan untuk menempatkan folder lib Anda.# Glut32.dll (Windows) dan glut.dll (SGI versi untuk Windows) - pilih salah satu sesuai dengan OpenGL yang Anda gunakan. Jika menggunakan versi Microsoft maka Anda harus memilih glut32.dll. Anda harus menempatkan file dll di folder sistem anda.
Menyiapkan dalam Visual C / C + + 6.0
Ada dua pilihan yang tersedia untuk sebuah proyek di Visual C / C + +: konsol, dan Win32. yang pertama adalah pilihan yang paling umum. Aplikasi ini akan memiliki dua jendela: jendela konsol dan jendela OpenGL. Dengan Win32 masih mungkin untuk membangun sebuah aplikasi yang menggunakan GLUT tanpa mengacaukan dengan pemrograman jendela. Yang harus Anda lakukan adalah mengubah satu pengaturan.
# Pilih proyek-> pengaturan dari menu utama;# Pilih "Link" tab dari kotak dialog;# Pilih "Output" dari kotak "Kategori" combo;# Dalam "Entry-titik simbol" tipe textbox "mainCRTStartup"
Untuk proyek konsol ada ada cara sederhana untuk mengubahnya menjadi sebuah aplikasi Win32, yaitu untuk menyingkirkan jendela konsol.
# Ikuti langkah-langkah di atas untuk menambahkan simbol entri-point# Pada textbox "Pilihan Proyek" menggantikan "subsistem: konsol" dengan "subsistem: jendela"
Atau hanya menambahkan baris berikut ke awal kode c Anda:

/ / # Pragma comment (linker, "/ subsistem: \" windows \ "/ entri: \" mainCRTStartup \ "")

Perhatikan bahwa garis adalah komentar pada tujuan.
Dan thats semua yang ada untuk itu, sekarang aplikasi tidak memiliki jendela konsol, hanya jendela OpenGL. Dalam Visual C / C + + Anda harus melakukan hal berikut untuk menghubungkan aplikasi yang menggunakan GLUT:
# Pilih Proyek / Pengaturan dari menu utama. # Sebuah kotak dialog muncul, pilih tab link. # Tambahkan file berikut ke Obyek / perpustakaan modul: glu32.lib glut32.lib opengl32.lib
Catatan: Saya telah menambahkan glu32.lib dan opengl32.lib juga. Ini adalah dua perpustakaan untuk OpenGL standar. Glu adalah sebuah API yang datang dengan distribusi OpenGL standar.
Catatan pada Menggunakan OpenGL dengan VS.NET
Banyak orang mengalami masalah kecil saat menggunakan VS.NET untuk membangun aplikasi OpenGL: kesalahan kompilator yang, sejauh yang saya tahu, tampaknya hanya ada dalam kompiler (VS 2003 dan 2005, VC 6.0 adalah OK). Berikut adalah teks aktual yang dihasilkan oleh VS 2005:

c: \ programas \ microsoft visual studio 8 \ vc \ include \ stdlib.h (406): kesalahan C2381: 'exit': redefinisi; __declspec (noreturn) berbeda
        
c: \ OpenGL \ toolkit \ termasuk \ gl \ glut.h (146): lihat deklarasi 'exit'

Masalah ini tampaknya disebabkan oleh masuknya glut.h sebelum stdlib.h. Membalik urutan memecahkan masalah. Kode berikut menyebabkan kesalahan kompilator:

# Include <GL/glut.h> # Include
Tapi ketika termasuk stdlib.h pertama kali masalah ini akan hilang:

# Include # Include <GL/glut.h>
Jangan beritahu saya jika Anda memiliki tips sehingga saya bisa memasukkan mereka di sini dan menghemat waktu untuk semua orang yang mulai belajar OpenGL.
OK, jadi semua diatur, mari belajar bagaimana menulis aplikasi GLUT. Jika ada sesuatu yang tidak cukup jelas silakan beritahu saya tahu dan saya akan mencoba untuk memperbaikinya. Tanggapan Anda sangat penting.
Saya harap Anda Mengerti Apa tujuan tutorial ini


      BY : Teguh Supriono