Pemrograman grafis adalah pemrograman yang digunakan untuk menghasilkan gambar pada komputer menggunakan library yang ada. •Teknik-teknik pemrograman grafis ini didasari oleh teknik-teknik menggambar dengan pemakaian geometri sebagai dasar struktur datanya •Hasil pemrograman grafis adalah visualisasi grafis.
PENGENALAN MICROSOFT VISUAL C++ dengan OPEN GL
•Mengapa menggunakan Visual C++ dengan Open GL ? –Karena programmer C atau C++ (pemula/tingkat lanjut) tidak memerlukan pengetahuan cukup banyak tentang 3D.
•OpenGL adalah suatu library grafis standar yang digunakan untuk keperluan pemrograman grafis. •SelainOpenGL, library grafis yang banyak digunakan adalah DirectX. •OpenGL bersifat Open •Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. •OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSDdll.
Library OpenGL –GLUT
•Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan. •Untuk sistem operasi Windows, library ini terdiri dari 3 files yaitu: –glut.h –glut32.lib –glut32.dll
Instalasi Library GLUT pada Windows
•Copykan file glut.h di dalam folder c:\Program Files\Microsoft Visual Studio\VC98\Include\GL •Copykan file glut32.lib di dalam folder c:\Program Files\Microsoft Visual Studio\VC98\lib Copykan file glut32.dll di dalam folder c:\Windows\System32
Contoh Program
/* membuat window dan kotak di dalamnya */
#include <windows.h>
#include <gl\gl.h>
#include <gl\glut.h>
void init(void);
void display(void);
int main (int argc, char **argv)
{
glutInit(&argc, argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_DOUBLE | GLUT_RGB);
glutInitWindowSize(250, 250);
glutInitWindowPosition(100, 100);
glutCreateWindow(“Grafika”);
init();
glutDisplayFunc(display);
glutMainLoop();
return 0;
}
void init(void)
{
glClearColor(1.0, 1.0, 1.0, 0.0);
glColor3f(0.0, 0.0, 1.0);
glMatrixMode(GL_PROJECTION);
glLoadIdentity();
glOrtho(-10.0, 10.0, -10.0, 10.0, -10.0, 10.0);
}
void display(void)
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glRectf(-5.0, 5.0, 5.0, -5.0);
glutSwapBuffers();
}
Penjelasan Fungsi
•#include <GL/glut.h>
Pemrograman grafis menggunakan OpenGL-GLUT membutuhkan header glut.h
• •void init(void)
{// Di sini tempat menggambar}
Fungsi init adalah fungsi untuk membuat tempat menggambar.
• •void display(void);
Fungsi display adalah fungsi untuk membuat gambar
•glutInit(&argc, argv);
Untuk inisialisasi secara umum terhadap nilai-nilai yang ada pada library GLUT
•glutInitDisplayMode(GLUT_DOUBLE |GLUT_RGB);
Untuk inisialisasi modus display.
Fungsi tersebut meminta window yang bersifat double buffered, dengan warna RGB.
•glutInitWindowSize(250, 250); •glutInitWindowPosition(100, 100);
Membuat windows dengan ukuran(250,250) dengan titik kiri atas jendela diletakkan pada posisi (100,100) di layar komputer
• •glutCreateWindow(“Grafika”);
Memberi judul pada windows dengan “Grafika”
•glClearColor(1.0,1.0,1.0,0.0);
Mendefinisikan warna dari windows yang dibuat dengan warna (1,1,1) yaitu warna putih (0,0,0) hitam
• •glColor3f(0.0, 0.0, 1.0);
Mendefinisikan warna dari objek yang dibuat dengan warna (0,0,1) yaitu warna biru
•glOrtho(-10.0, 10.0, -10.0, 10.0, -10.0, 10.0);
Mendefinisikan besarnya sistem koordinat dengan range sumbu x adalah [-10,10], range untuk sumbu y adalah [-10,10], range untuk sumbu z adalah [-10,10]
• •gluOrtho2D(-320.,320.,-240.,240.);
Mendefinisikan besarnya sistem koordinat dengan range sumbu x adalah [-320,320] dan range untuk sumbu y adalah [-240,240]
•glRectf(-5.0, 5.0, 5.0, -5.0);
Membuat kotak di posisi (-5,5) sampai (5,-5)
• •glutSwapBuffers();
Menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar
Label: Pengenalan OpenGL-GLUT
GLUT singkatan untuk OpenGL Utilitas Toolkit. Mark J. Kilgard, untuk memungkinkan pembangunan aplikasi OpenGL yang benar-benar jendela sistem independen, dikandung perpustakaan GLUT. Berkat GLUT, kita dapat menulis aplikasi tanpa harus belajar tentang X windows atau sistem jendela Microsoft sendiri. Kilgard diimplementasikan versi untuk X windows, dan kemudian Nate Robins porting ke Microsoft Windows. Berkat keduanya, Anda melakukan pekerjaan besar.
Dalam tutorial ini saya akan memperkenalkan Anda kepada dasar-dasar membangun aplikasi yang menggunakan GLUT. Tutorial ini tidak akan memperkenalkan efek visual mewah dalam rangka untuk menjaga kode sesederhana mungkin.
Apa yang Anda butuhkan ?
Dalam rangka untuk menulis aplikasi dengan GLUT Anda harus memiliki versi terbaru (pada saat menulis ini, saya percaya itu adalah 3,7). Distribusi GLUT dilengkapi dengan banyak dan banyak contoh sehingga setelah Anda membaca dasar-dasar di sini Anda akan memiliki banyak bahan untuk melanjutkan.
Dalam rangka untuk menulis aplikasi C menggunakan GLUT Anda akan membutuhkan tiga file:
# Glut.h - Ini adalah file Anda harus disertakan dalam kode sumber Anda. Tempat umum untuk menempatkan file ini dalam folder gl yang harus di dalam folder termasuk dari sistem anda.# Glut.lib (SGI versi untuk Windows) dan glut32.lib (versi Microsoft) - File ini harus dikaitkan dengan aplikasi Anda jadi pastikan untuk menempatkan folder lib Anda.# Glut32.dll (Windows) dan glut.dll (SGI versi untuk Windows) - pilih salah satu sesuai dengan OpenGL yang Anda gunakan. Jika menggunakan versi Microsoft maka Anda harus memilih glut32.dll. Anda harus menempatkan file dll di folder sistem anda.
Menyiapkan dalam Visual C / C + + 6.0
Ada dua pilihan yang tersedia untuk sebuah proyek di Visual C / C + +: konsol, dan Win32. yang pertama adalah pilihan yang paling umum. Aplikasi ini akan memiliki dua jendela: jendela konsol dan jendela OpenGL. Dengan Win32 masih mungkin untuk membangun sebuah aplikasi yang menggunakan GLUT tanpa mengacaukan dengan pemrograman jendela. Yang harus Anda lakukan adalah mengubah satu pengaturan.
# Pilih proyek-> pengaturan dari menu utama;# Pilih "Link" tab dari kotak dialog;# Pilih "Output" dari kotak "Kategori" combo;# Dalam "Entry-titik simbol" tipe textbox "mainCRTStartup"
Untuk proyek konsol ada ada cara sederhana untuk mengubahnya menjadi sebuah aplikasi Win32, yaitu untuk menyingkirkan jendela konsol.
# Ikuti langkah-langkah di atas untuk menambahkan simbol entri-point# Pada textbox "Pilihan Proyek" menggantikan "subsistem: konsol" dengan "subsistem: jendela"
Atau hanya menambahkan baris berikut ke awal kode c Anda:
Perhatikan bahwa garis adalah komentar pada tujuan.
Dan thats semua yang ada untuk itu, sekarang aplikasi tidak memiliki jendela konsol, hanya jendela OpenGL. Dalam Visual C / C + + Anda harus melakukan hal berikut untuk menghubungkan aplikasi yang menggunakan GLUT:
# Pilih Proyek / Pengaturan dari menu utama. # Sebuah kotak dialog muncul, pilih tab link. # Tambahkan file berikut ke Obyek / perpustakaan modul: glu32.lib glut32.lib opengl32.lib
Catatan: Saya telah menambahkan glu32.lib dan opengl32.lib juga. Ini adalah dua perpustakaan untuk OpenGL standar. Glu adalah sebuah API yang datang dengan distribusi OpenGL standar.
Catatan pada Menggunakan OpenGL dengan VS.NET
Banyak orang mengalami masalah kecil saat menggunakan VS.NET untuk membangun aplikasi OpenGL: kesalahan kompilator yang, sejauh yang saya tahu, tampaknya hanya ada dalam kompiler (VS 2003 dan 2005, VC 6.0 adalah OK). Berikut adalah teks aktual yang dihasilkan oleh VS 2005:
c: \ programas \ microsoft visual studio 8 \ vc \ include \ stdlib.h (406): kesalahan C2381: 'exit': redefinisi; __declspec (noreturn) berbeda
c: \ OpenGL \ toolkit \ termasuk \ gl \ glut.h (146): lihat deklarasi 'exit'
Masalah ini tampaknya disebabkan oleh masuknya glut.h sebelum stdlib.h. Membalik urutan memecahkan masalah. Kode berikut menyebabkan kesalahan kompilator:
# Include <GL/glut.h> # Include
Tapi ketika termasuk stdlib.h pertama kali masalah ini akan hilang:
# Include # Include <GL/glut.h>
Jangan beritahu saya jika Anda memiliki tips sehingga saya bisa memasukkan mereka di sini dan menghemat waktu untuk semua orang yang mulai belajar OpenGL.
OK, jadi semua diatur, mari belajar bagaimana menulis aplikasi GLUT. Jika ada sesuatu yang tidak cukup jelas silakan beritahu saya tahu dan saya akan mencoba untuk memperbaikinya. Tanggapan Anda sangat penting.
Saya harap Anda Mengerti Apa tujuan tutorial ini
Label: GLUT, Glut OpenGL C++
Kita Dapat membuat titik menggunakan OpenGL pada visual C++ 6. Dibawah ini contoh potongan Programnya :
Tapi sebelum Menggunakan program ini Anda memiliki OpenGL terlebih dahulu, Kami Yakin anda pasti sudah punya. Silahkan Copy program di bawah ini dan jalankan. selamat mencoba.
Label: Membuat titik dengan OpenGl
Teman – Teman Satu perjuangan dengan saya, Blogger Matre maksudnya hehehe mencari uang dari blog, saya kasih nih Kode Iklan Terbang atau Iklan Melayang Yang Minta Di Klik Iklannya Untuk Menutup , dijamin insyallah banyak yang klik . Agar iklan diklik, syaratnya mudah kawan, yaitu banyak pengunjung. Apalagi denngan memasang jebakan iklan betmen.. Berikut :
Msukan Kode Berikut kedalam Widget atau Taruh di Scrip dibawah </head>
<style type=”text/css”>
#gb{
position:fixed;
top:10px;
z-index:+1000;
}
* html #gb{position:relative;}
.gbcontent{
float:right;
border:2px solid #fafafa;
background:#fafafa;
padding:10px;
}
</style>
<script type=”text/javascript”>
function showHideGB(){
var gb = document.getElementById(“gb”);
var w = gb.offsetWidth;
gb.opened ? moveGB(0, 30-w) : moveGB(20-w, 0);
gb.opened = !gb.opened;
}
function moveGB(x0, xf){
var gb = document.getElementById(“gb”);
var dx = Math.abs(x0-xf) > 10 ? 5 : 1;
var dir = xf>x0 ? 1 : -1;
var x = x0 + dx * dir;
gb.style.top = x.toString() + “px”;
if(x0!=xf){setTimeout(“moveGB(“+x+”, “+xf+”)”, 10);}
}
</script>
<div id=”gb”>
<div onclick=”showHideGB()”> </div>
<div>
<center>
<b>KLIK SALAH SATU IKLAN UNTUK MENUTUP</b>
SCRIPT IKLAN ANDA
<script type=”text/javascript”>
var gb = document.getElementById(“gb”);
gb.style.center = (30-gb.offsetWidth).toString() + “px”;
</script></div></div>
Label: Iklan Melayang, Iklan Terbang
Ini adalah Biodata Saya, Apabila ada yang keperluan dengan saya, Hubungin saya Aja :
Nama Lengkap : Rita Susanti
Alamat Rumah : Medan, Jl. USU
Status Study : Kuliah di Universita Sumatra Utara
Study Belajar : Biologi FMIPA
Saya Ingin Menjadi wanita karir yang sukses dalam Bidangnya.
Label: RITA SUSANTI
Mungkin korang hendakkan sedikit kelainan pada kotak komen.Apa kata kalau kita letakkan background disekelingnya.Background ini boleh kita letakkan warna sahaja atau pun imej.Cara membuatnya agak mudah cuma masukkan kod dibawah ini sebelum kod ]]></b:skin>
- Masuk ke design
- Edit HTML
Background warna:
.comment-form { background:#BE81F7; border:3px solid #74DF00; margin:0 10px 20px 10px; padding:0 0 0 15px; }
background imej:
.comment-form { background:url(https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjLwmMTv1AodTfTmq2tsh9FvmNt1DAXExX7rzdPc8WIFPOc6lt6cUC2r3Hq3Lp14R6fMphcVHZ9AR29Qtgkjw3FqkZ6ppjjQB4j7CGY9aTm_yy9T-oU0cuaCOU4PxZzL0EpypFLNNjHpzI/s1600/animated_50.gif); border:3px solid #74DF00; margin:0 10px 20px 10px; padding:0 0 0 15px; }
Bahagian teks berwarna hijau boleh diubah dengan warna yang dingini dan juga imej dengan meletakkan url bagi imej.
kemudian save template.
Sebagai mana tajuknya tutorial cara kali ini adalah cara untuk memasang kursor bintang berjatuhan.Efek bintang berjatuhan ini akan tampil bila mana cursor digerakkan pada blog.
Berikut adalah cara memasangnya:
1.Login ke Blogger
2.Klik Pada Design → Page elements
3. Add a Gadget → HTML/JavaScript
Kemudian pilih warna yang dingini pada kod berikut :
<script src="https://sites.google.com/site/teknikbuatblog/tbb/black_star.js" type="text/javascript"></script>
<script src="https://sites.google.com/site/teknikbuatblog/tbb/green_star.js" type="text/javascript"></script>
<script src="https://sites.google.com/site/teknikbuatblog/tbb/red_star.js" type="text/javascript"></script>
<script src="https://sites.google.com/site/teknikbuatblog/tbb/white_star.js" type="text/javascript"></script>
<script src="https://sites.google.com/site/teknikbuatblog/tbb/yellow_star.js" type="text/javascript"></script>
Setelah memasukkan kodnya,klik pada save untuk melihat hasilnya.
Label: kursor berjatuhan bintang
Berikut adalah cara memasangnya:
1.Login ke Blogger
2.Klik Pada Design → Page elements
3. Add a Gadget → HTML/JavaScript
Kemudian pilih warna yang dingini pada kod berikut :
<script src="https://sites.google.com/site/teknikbuatblog/tbb/black_star.js" type="text/javascript"></script>
<script src="https://sites.google.com/site/teknikbuatblog/tbb/green_star.js" type="text/javascript"></script>
<script src="https://sites.google.com/site/teknikbuatblog/tbb/red_star.js" type="text/javascript"></script>
<script src="https://sites.google.com/site/teknikbuatblog/tbb/white_star.js" type="text/javascript"></script>
<script src="https://sites.google.com/site/teknikbuatblog/tbb/yellow_star.js" type="text/javascript"></script>
Setelah memasukkan kodnya,klik pada save untuk melihat hasilnya.
Cara membuat tulisan berkerlipan bintang pada blog
0 komentar Diposting oleh Rytha Teguh Aza di 07.56Cara membuat link berkelip disertai dengan kerlipan bintang
1. Klik pada Design
2. Edit HTML
3. Cari kod:
a:hover { text-decoration:blink; background:url(https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEipE578NSB1VlI3GTqwJxYNHj_7hH2vRibEEFwZ4GMHhn6-zXhQe3GMgPC0NHfHaDQBbe9Vc8binQM9qxrZmN9LhQ9Giqoe0mKijFf7uqQzKV0hC-HQ9gEmqpph83qWXN3rOkww-wTrPh8/s1600/blink.gif); }
</style>
atau gunakan yang dibawah ini:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh8u6UjsncvQJKjmwjbmeA0rEeDTslRj8Vt6y5g_ozOFbexslkJlJsv02a54_fAJcD6lSEFtRlGMU1HD3g2ckewoRXrbyPGLmqMKVtuttFh855cshJJJAuPNfIif8y7i5VRmA-sv47ShS4/s1600/str4.gif
cuma tukarkan tulisan merah pada diatas dengan url bagi kerlipan seperti diatas
#sesuai hanya untuk template berwarna gelap.
Simpan template…selesai..
Label: Tulisan berkelipan bitang