Pengenalan OpenGL pada Visual C++6

Pemrograman Grafis

          Pemrograman grafis adalah pemrograman yang digunakan untuk menghasilkan gambar pada komputer menggunakan library yang ada. •Teknik-teknik pemrograman grafis ini didasari oleh teknik-teknik menggambar dengan pemakaian geometri sebagai dasar struktur datanya •Hasil pemrograman grafis adalah visualisasi grafis.


             PENGENALAN MICROSOFT VISUAL C++ dengan OPEN GL

•Mengapa menggunakan Visual C++ dengan Open GL ? –Karena programmer C atau C++ (pemula/tingkat lanjut) tidak memerlukan pengetahuan cukup banyak tentang 3D.
•OpenGL adalah suatu library grafis standar yang digunakan untuk keperluan pemrograman grafis. •SelainOpenGL, library grafis yang banyak digunakan adalah DirectX. •OpenGL bersifat Open •Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. •OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSDdll.
Library OpenGL –GLUT
•Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan. •Untuk sistem operasi Windows, library ini terdiri dari 3 files yaitu: –glut.h –glut32.lib –glut32.dll
Instalasi Library GLUT pada Windows
•Copykan file glut.h di dalam folder c:\Program Files\Microsoft Visual Studio\VC98\Include\GL •Copykan file glut32.lib di dalam folder c:\Program Files\Microsoft Visual Studio\VC98\lib Copykan file glut32.dll di dalam folder c:\Windows\System32
Contoh Program
/* membuat window dan kotak di dalamnya */
#include <windows.h>
#include <gl\gl.h>
#include <gl\glut.h>
void init(void);
void display(void);
int main (int argc, char **argv)
{
glutInit(&argc, argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_DOUBLE | GLUT_RGB);
glutInitWindowSize(250, 250);
glutInitWindowPosition(100, 100);
glutCreateWindow(“Grafika”);
init();
glutDisplayFunc(display);
glutMainLoop();
return 0;
}
void init(void)
{
glClearColor(1.0, 1.0, 1.0, 0.0);
glColor3f(0.0, 0.0, 1.0);
glMatrixMode(GL_PROJECTION);
glLoadIdentity();
glOrtho(-10.0, 10.0, -10.0, 10.0, -10.0, 10.0);
}
void display(void)
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glRectf(-5.0, 5.0, 5.0, -5.0);
glutSwapBuffers();
}
Penjelasan Fungsi
•#include <GL/glut.h>

Pemrograman grafis menggunakan OpenGL-GLUT membutuhkan header glut.h
• •void init(void)
{// Di sini tempat menggambar}
Fungsi init adalah fungsi untuk membuat tempat menggambar.
• •void display(void);
Fungsi display adalah fungsi untuk membuat gambar
•glutInit(&argc, argv);

Untuk inisialisasi secara umum terhadap nilai-nilai yang ada pada library GLUT
•glutInitDisplayMode(GLUT_DOUBLE |GLUT_RGB);
Untuk inisialisasi modus display.
Fungsi tersebut meminta window yang bersifat double buffered, dengan warna RGB.
•glutInitWindowSize(250, 250); •glutInitWindowPosition(100, 100);
Membuat windows dengan ukuran(250,250) dengan titik kiri atas jendela diletakkan pada posisi (100,100) di layar komputer
• •glutCreateWindow(“Grafika”);

Memberi judul pada windows dengan “Grafika”
•glClearColor(1.0,1.0,1.0,0.0);
Mendefinisikan warna dari windows yang dibuat dengan warna (1,1,1) yaitu warna putih (0,0,0)        hitam
• •glColor3f(0.0, 0.0, 1.0);
Mendefinisikan warna dari objek yang dibuat dengan warna (0,0,1) yaitu warna biru
•glOrtho(-10.0, 10.0, -10.0, 10.0, -10.0, 10.0);
Mendefinisikan besarnya sistem koordinat dengan range sumbu x adalah [-10,10], range untuk sumbu y adalah [-10,10], range untuk sumbu z adalah [-10,10]
• •gluOrtho2D(-320.,320.,-240.,240.);
Mendefinisikan besarnya sistem koordinat dengan range sumbu x adalah [-320,320] dan range untuk sumbu y adalah [-240,240]
•glRectf(-5.0, 5.0, 5.0, -5.0);
Membuat kotak di posisi (-5,5) sampai (5,-5)
• •glutSwapBuffers();
Menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar