Program 3D dengan OpenGL VS 6 Radiositas

              Radiositas adalah algoritma iluminasi global yang digunakan dalam rendering grafis 3D komputer. Radiositas adalah sebuah aplikasi dari metode elemen hingga untuk memecahkan persamaan rendering untuk adegan dengan permukaan murni difus. Tidak seperti algoritma Monte Carlo (seperti jalan tracing) yang menangani semua jenis cahaya jalan, metode radiositas khas hanya rekening untuk path yang meninggalkan sumber cahaya dan tercermin difus beberapa nomor kali (mungkin nol) sebelum memukul mata. Jalan tersebut direpresentasikan sebagai "LD * E". Perhitungan radiositas adalah sudut pandang independen yang meningkatkan perhitungan yang terlibat, tetapi membuat mereka berguna untuk semua sudut pandang.
           Metode radiositas pertama kali dikembangkan pada sekitar tahun 1950 di bidang teknik perpindahan panas. Mereka kemudian disempurnakan khusus untuk aplikasi untuk masalah rendering grafis komputer pada tahun 1984 oleh para peneliti di Cornell University. [1]
            Terkemuka mesin radiositas komersial pencerahan oleh Geomerics, seperti yang terlihat dalam judul seperti Battlefield 3, Need for Speed: The Run dan lainnya, Lightscape (sekarang dimasukkan ke dalam mesin Autodesk 3D Studio Max internal yang membuat), form • Z RenderZone Plus oleh AutoDesSys, Inc), dibangun di mesin render dalam Lightwave 3D dan ElAS (Gambar Listrik Sistem Animasi).