Golongan darah bisa berubah


Memang golongan darah seseorang bisa berubah ya..?
           Sebuah pertanyaan ini sejak semalam sepulang menjenguk anak teman yang sakit dan dirawat di sebuah rumah sakit. Sebagai orang awam tentang ilmu medis saya kira itu hal yang wajar, masa orang yang dilahirkan dengan golongan darah AB sejak bayi tahu tahu setelah dicek semalam golongan darahnya menjadi A.
Berawal dari tune telepon seluler istri saya semalam kira-kira pukul 19.45 wita, dari seseorang teman yang katanya anaknya sedang sakit tapi tidak jelas sakit apa. Dokter hanya mengatakan trombosit darahnya turun sehingga perlu tranfusi darah yang sejenis. Teman mengatakan bahwa anaknya perlu tambahan darah dan katanya golongan darah anaknya sama dengan golongan darah istri saya yaitu golongan darah AB. Pembicaraan telponpun ditutup dengan kesepakatan istri saya akan dijemput guna keperluan tersebut.
Seingatku sudah tiga kali ini istri saya mendapat permintaan donor darah untuk membantu orang yang kekurangan darah di rumah sakit. Saya juga jadi ingat bahwa istri pak Syahid tetangga sebelah memiliki golongan darah yang sama dengan istriku yaitu golongan darahnya sama-sama AB. Sayapun mengabarkan berita ini pada pak Syahid dan istrinya, merekapun menyetujui untuk mendonorkan darahnya. Bersiaplah istri saya dan istri pak Syahid menunggu jemputan untuk cek golongan darah dan kesiapan kondisi tubuh ke PMI.
          Setelah sampai di PMI mereka di cek golongan darah oleh petugas yang ada di situ, yang mendapat giliran pertama adalah istri pak Syahid kemudian istri saya. Setelah mengunggu kurang lebih 20 menitan saya jadi kaget dan seolah tak percaya atas hasil cek golongan darah tersebut, istri pak Shahid golongan darahnya menjadi A,  sedangkan istri saya golongan darahnya dinyatakan B. Padahal sebelumnya mereka berdua gol darahnya AB kenapa sekarang dua-duanya golongan darahnya bisa berubah? bahkan saya minta pada petugas supaya masing-masing di cek ulang kebenaran dari hasil uji tersebut, dan hasilnya tetap sama dengan sebelumnya, istri saya golongan darahnya berubah menjadi B sedang istri pak Syahid golongan darahnya menjadi A.
         Sedikit kecewa sih tidak dapat membantu orang yang sedang kesulitan dan membutuhkan bantuan. Kamipun pulang dengan tangan hampa plus terbengong-bengong dengan hasil uji dari PMI