ASAS ASAS FILOSOFIS


ASAS-ASAS FILOSOFIS
Filsafat adalah faktor penting dalam mempertimbangkan dalam mengambil keputusan dalam aspek kurikulum. Filsafat adalah cara berfikir yang sedalam-dalamnya sampai keakar-akarnya tentang hakikat tertentu. Para pengembang kurikulum harus mempunyai  filsafat tentang apa mereka kembangkan karena filsafat yang kabur akan menimbulkan kurikulum yang tidak menentu arahnya. kini banyak aliran filsafat yang masing-masing mempunyai dasar pemikiran tersendiri antara lain :

1.      Aliran perennialisme
Tujuan aliran ini adalah mengembangkan intelektual anak melalui pengetahuan yang abadi, universal, absolut. Kurikulum yang diinginkan aliran ini adalah adanya sub mata pelajaran yang terpisah sebagai disiplin ilmu dengan menolak penggabungan seperti IPA dan IPS, Serta kurikulum pada aliran ini memberi persiapan yang sungguh–sungguh untuk studi yang lebih tinggi.

2.      Aliran idealsme
Filsafat ini pada umumnya diterapkan pada sekolah religius. namun pendidikan intelektual juga sangat diutamakan menentukan standar mutu yang tinggi.



3.      Aliran realisme
Kurikulum ini tidak memperhatikan minat anak, namun diharaokan agar menaruh minat terhadap minat akademis. Ia harus membaca buku-buku sebagai disiplin ilmu, dapat di bayangkan berapa banyak anak yang tidak mampu mengikuti studi akademis seperti ini.

4.      Aliran pragmatisme
Aliran pragmatisme sering berjalan seiring degan aliran rekontruksional yang berpendirian bahwa sekolah harus berada pada garis depan pembangunan dan kemajuan masyarakat. Dalam perencanaan kurikulum orang tua dan masyarakat sering di libatkan agar dapat memandukan sumber-sumber pendidika formal dan non formal.

5.      Aliran eksistensialisme
Sekolah yag berdasarkan eksistensialisme mendidik anak agar ia menentukan pilihan dan keputusan dengan menolak otoritas orang lain. Ia harus bebas berfikir mengambil keputusan sendri dan bertanggung jawab.

Cicero memandang filsafat sebagai ilmu tentang hal-hal yang menjadi induk segala ilmu. Tujuan filsafat adalah membetuk suatu pandangan yang sistematis  tentang keseluruhan ilmu serta menunjukan suatu sistem yang dapat menentukan arah hidup serta nilai-nilai apa yang paling di hargai dalam hidup seseorang, filsafat inilah yang harus dimiliki seorang guru agar dapat membentuk pandangan yang sehat bagi peserta didik.