PENGERTIAN DAN ASAS-ASAS KURIKULUM


PENGERTIAN DAN ASAS-ASAS KURIKULUM

Berikut beberapa definisi kurikulum menurut beberapa ahli kurikulum :
a.      J. Galen Saylor dan William M. Alexander
Dalam bukunya curriculum planing for better teaching and learning (1956) menjelskan arti kurikulum sebagai berikut ‘’segala usaha sekolah untuk mempengaruhi anak belajar, apakah dalam ruangan kelas, ataupun di luar sekolah semua termasuk kedalam kurikulum.

b.      Harold B . Albertycs.
Dalam bukunya reorganizing the high school curriculum (1965) penjelasanya juga hampir sama dengan saylor dan alexander, harold mengartikan kuriklum tidak terbatas pada mata pelajaran, akan tetapi juga meliputi keguatan –kegiatan lain, di dalam dan di luar kelas di bawah tanggung jawab sekolah.

c.       B. Othanel Smith W.O . Stanley , dan J. Harlen shores  
Menurut othanel kurikulum adalah pengalaman yang secara potensial yang dapat di berikan kepada anak, agar dapat berfikir dan berbuat sesuai masyarakatnya.

d.      William B. Ragan
Dalam bukunya modern elementary curriculum (1966)  pendapat william tentang kurikulum adalah ragam menggunakan kurikulum secara luas, yang meliputi seluruh program dalam kehidupan sekolah.

e.       Edward A. Krug
Dalam secondary school curriculum (1960), kurikulum dilihatnya sebagai cara-cara untuk mencapai tujuan persekolahan serta sesuatau yang di rencanakan sebagai pegangan guna mencapai tujuan pendidikan.