ORGANISASI KURIKULUM


ORGANISASI KURIKULUM

Organisasi kurikulum yaitu bentuk bahan pelajaran yang disusun dan disampaikan kepada murid-murid serta merupakan dasar yang penting dalam pembinaan kurikulum dan berhubungan erat dengan tujuan pendidikan yang ingin dicapai.

JENIS-JENIS KURIKULUM

Kurikulum bermacam-macam bentuknya namun ada bentuk kurikulum yang sangat terkenal dan sangat luas pemakainya adalah subject curriculum yang berarti kurikulum yang terdiri atas sejumlah mata pelajaran. Kurikulum ini mempunyai ciri-ciri yang menguntungkan namun banyak juga mempunyai kelemahan.      Atas kelemahan yang dimiliki kurikulum inilah yang menyebabkan munculnya kurikulum dan sebab adanya perbedaan kurikulum diantara :

1.       Aktivityy curriculum (keaktifan anak)
2.      Experience curriculum (kurikulum yang didasarkan pengalaman langsung)
3.      Life curriculum (kurikulm yang bertalian erat dengan kehidupan anak dan lingkungan)
4.      Core curriculum (mecakupsegala kebaikan semua kurikulum yang mengadakan reaksi terhadap subject kurikulum)

Semua kurikulum tersebut mempunyai ciri-ciri yang baik namun juga mempunyai kelemahan yang ditinjau dari segi tertentu. Namun harus diketahui kurikulum yang baru jarang dalam kenyataan dalam bentuk yang murni ada kalanya bentuk kurikulum itu hanya teori saja.  Namun berbagi bentuk kurikulum berpengaruh dalam pelaksanaanya.
SEPARATE-SUBJECT CURRICULUM

Kurikulum ini disebut demikian dikarenakan mata pelajaran yang terpisah-pisah. Pengertian subject disini adalah hasil pengalaman umat sepanjang masa serta kebudayaan atau ilmu pengetahuan yang dikumpukan dimasa lampau lalu bahan ini disusun secara sistematis dan logis serta disederhanakan dan disajikan untu anak didik dalam bentuk mata pelajaran setlah disesuaikan dengan kemampuan murid. Serta harus jelas batas-batas pelajaran setiap kelas atau tingkatan dan keputusan batasan pelajaran ini harus dibatasi dihormati dan tidak untuk dilampaui. Dengan kurikulum sekolah memberikan anak pengalaman-pengalaman pribadinya sesuai dengan tujuan pendidikan karena anak-anak atau semua manusia pada umumnya belajar dari pengalaman hasil belajar seperti ini dianggap permanen dan tidak terlupakan. Dalam subject curriculum anak dituntut untuk mempelajari bagaimana pengalaman pengetahuan pada masa lampau serta kurikulum ini ditujukan kepada pembentukan intelektual dan kurang kepada pembentukan pribadi anak. Serta ketetapan tentang kuriklulum ini telah melalui evaluasi para pengembang kurikulum dan para ahli pendidikan. Merekalah yang menetapkan kehidupan anak dimasyarakat pada masa mendatang kelak. Kurikulum diadakan agar seragam pendidikan taraf pendidikan sama dimana pun tempatnya.


MANFAAT SPARATE-SUBJECT CURICULUM

1.      Bahan pelajaran secara logis dan sistematis
2.      Organisasi kurikulum itu sederhana mudah direncanakan dan dilaksanakan yakni dari segala macam kurikulum yang paling mudah dissusun adalah subject curriculum. Melaksanakan kurikulum ini pun tidak menimbulkan kesulitan karena apa yang diakarkan sudah ditentukan lebih dahulu.
3.      Kurikulum ini mudah dinilai yakni kurikulum ini bertujuan menyampaikan sejumlah pengetahuan pengertian yang mudah dinilai dengan ujian atau test.
4.      Kurikulum ini juga dipakai di perguruan tinggi. bisa dikatakan pada saat ini kurikulum ini sudah digubakan pada perguruaan tinggi yang bersifat mata pelajaran yang terpisah-pisah.
5.      Kurikulum ini telah dipakai berabad-abad lamanya dan sudah menjadi tradisi.
6.      Kurikulum ini lebih memudahkan guru.
7.      Kurikulum ini mudah diubah yakni segala perubahan atau perubahan kurikulum senantiasa didasarkan pada organisasi berbentuk subjek.
8.      Organisasi kurikulum yang sistematis yakni organisasi ini member emungkinan mempelajari sesuatu dalam waktu singkat.