STRATEGI KEPEMIMPINAN DALAM PERUBAHAN KURIKULUM


STRATEGI KEPEMIMPINAN DALAM PERUBAHAN KURIKULUM

         Untuk mengubah kurikulum dapat mengikuti strategi sebagai berikut:

1.      Mengubah seluruh sistem pendidikan yang hanya dapat dilakukan oleh pusat untuk mengadakan perubahan kurikulum secara total
2.      Mengubah kurikulum tingkat local, kurikulum yang nyata hanya terdapat dimana guru dan murid berada yakni didalam kelas disinilah masalah yang dihadapi kurikulum yang sebenarnya. Dalam pelaksanaan kurikulum dalam kelas banyak perbedaan murid-murid secara individual agar dapat melaksanakan penyesuaian. Bagaimanapun perincian kurikulum. perbaikan yang sesungguhnya terjadi bila guru sendiri menyadari kekurangannya. Usaha yang dijalankan memerlukan koordinasi kepala sekolah.
3.      Memperikan pendidikan inservice dan pengembangan staff dianggap kurikulum sekolah akan mengalami perbaikan jika mutu guru ditingkatkan. Misal apa yang dipelajari dalam inservice dan pengembangan staff hendaknya dipraktikkan
4.      Experimentasi dan penelitian, ciri kemajuan pendidikan adalah sebuah perubahan dan perbaikan dalam bidang pendidikan yang biasanya dilakukan melalui fase penelitian yang dapat diterima secara umum namun yang lebih mungkin dilaksanakan adalah exsperimentasi yaitu mencoba metode atau bahan yang baru percobaan metode baru harus dilakukan secara berulang-ulang. Penelitian adalah cara yang paling sistematis mengikuti langkah-langkah tertentu untuk memecahkan suatu masalah dalam pendidikan kurikulum.