Pengertian Kromoson Tumbuhan

Kromosom  Tumbuhan


        Bagian terkecil dari tubuh makhluk hidup dinamakan sel, inti sel atau nukleus (karyon) terdiri dari: selaput (karyotheca), plasma (karyoplasma atau nukleoplasma), anak inti (nukleolus) dan kromosom. Kromosom adalah pembawa bahan keturunan dan mengandung gen-gen dan merupakan sarana bagi pemindahan gen (bahan keturunan atau materi genetik) yang mengatur penampilan sifat-sifat keturunan dari satu generasi ke generasi berikutnya pada organisme. Kromosom merupakan jalinan benang-benang halus yang berpilin-pilin longgar dan diselimuti protein (disebut kromonema) dalam plasma inti yang mudah mengikat zat warna. Selama sel membelah, pilinan tersebut menjadi sangat rapat sehingga memendek dan membesar sehingga dapat diamati dengan jelas bagian-bagiannya di bawah mikroskop (Yatim,
1986). Kromosom adalah benda-benda halus berbentuk panjang atau pendek dan lurus atau bengkok. Kromosom merupakan struktur makromolekul besar yang memuat DNA yang membawa informasi genetik dalam sel. DNA terbalut dalam satu atau lebih kromosom. Sebuah kromosom (dalam bahasa Yunani chroma=warna dan soma=badan) adalah seberkas DNA yang sangat panjang dan berkelanjutan, yang terdapat banyak gen unsur regulator dan sekuens nukleotida lainnya. Dalam kromosom eukariota, DNA yang tidak terkondensasi berada dalam struktur order-quasi dalam nukleus, membungkus histon (protein struktural, gambar 1) dan material komposit ini disebut chromatin. Selama mitosis (pembelahan sel), kromosom terkondensasi dan disebut kromosom metafase. Hal ini menyebabkan masing-masing kromosom dapat diamati melalui mikroskop optik (Haryanto, 2010).

Bilamana suatu sel siap membelah diri menjadi dua sel, kromosom itu tampak berubah. Benang tipis yang panjang menggulung menjadi benda memadat, yang(dengan bantuan pewarnaan yang sesuai) dapat tampak lebih mudah dengan bantuan mikroskop cahaya. Selama proses pembelahan itu, kromosom tersebar dalam jumlah yang tepat sama ke dalam dua sel anak. Secara kimia, kromosom itu terjadi dari DNA dan protein. Belum pasti benar apakah kromosom tunggal hanya mengandung satu molekul DNA ataukah banyak, tetapi agaknya yang pertama itulah yang benar. Bila kromatin disiapkan dengan cara tertentu, dengan mikroskop electron akan tampak benang-benang panjang yang mengandung pembengkakan yang teratur letaknya (Kimball, 1983).

 Pewarisan Kloroplas

        Dalam tahun 1890 Carl Correns untuk pertama kali mempelajari pewarisan sitoplasmatis pada tanaman Bunga Pukul Empat (Mirabilis jalapa). Pada tanaman ini dapat dibedakan tiga macam cabang, yaitu cabang berdaun hijau, cabang berdaun belang hijau putih, dan cabang berdaun putih.



BY : RITA SUSANTI

  Terima Kasih Telah Mengunjungi Website Kami